Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 05 Desember 2016

Pemicuan STBM di Desa Cibiru Wetan

Kegiatan pemicuan ini berlangsung di Desa Cibiru Wetan pada tanggal 01 Desember 2016. Pemicuan ini di adakan di 2 RW yakni di RW 08 & RW 10 Desa Cibiru Wetan. Sasaran dari pemicuan ini adalah warga masyarakat Desa Cibiru Wetan khususnya RW 08 & RW 10. Tujuan dari kegiatan ini agar warga masyarakat terpicu untuk melakukan perubahan perilaku kebiasaan Buang Air Besar (BAB).

 STBM (Sanitasi Total Bebasis Masyarakat) adalah pendekatan untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Pemicuan merupakan suatu upaya untuk menimbulkan suatu “energy lebih” dalam diri sesorang atau kelompok, sehingga terjadi suatu mata rantai gerakan yang exponensial (menggelora, menggelegar bagai ombak samudra).

Pemicuan kepada masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan (STOP BABS) pada prinsipnya dapat dikelompokan dalam 3 tahap, yaitu tahap pra pemicuan, tahap pelaksanaan pemicuan dan tahap pasca pemicuan. Pentahapan tersebut tidak berarti ada pembagian atau pembatasan waktU, tetapi merupakan suatu proses yang mengalir dengan teratur dan berkesinambungan, sebagai suatu kesatuan proses yang utuh dan dinamis.

Kegiatan Pemicuan di RW 08 Desa Cibiru Wetan :











Kegiatan Pemicuan di RW 10 Desa Cibiru Wetan :














Tindak Lanjut pertemuan Pemicuan ke Desa :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar