DEFINISI :
PROLANIS
adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang
dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan
dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS
Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang
optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.
TUJUAN
:
Mendorong
peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan
indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama
memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan
Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya
komplikasi penyakit.
SASARAN
:
Seluruh
Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan
Hipertensi)
BENTUK
PELAKSANAAN :
Aktifitas
dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit,
Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan.
PENANGGUNGJAWAB
:
Penanggungjawab
adalah Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan Primer.
(https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/06-PROLANIS.pdf)
Berikut Foto Hasil Kegiatan PROLANIS pada tanggal 16 September 2016 :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar